Skripsi Limbah Tape Singkong (In Vitro)

Pakan merupakan salah satu faktor penentu utama yang mempengaruhi keberhasilan suatu usaha peternakan, maka dalam pemenuhannya harus tersedia sepanjang tahun. Pakan yang biasa diberikan pada ternak ruminansia yaitu hijauan dan konsentrat. Konsentrat adalah campuran dua bahan makanan atau lebih yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ternak. Dalam pemenuhannya, konsentrat sering  mengalami hambatan dalam segi harga, distribusi pada peternak, dan jumlah produksinya kurang bila dibandingkan dengan kebutuhan ternak. 

Keberhasilan usaha peternakan yang dijalankan akan sangat ditentukan oleh penyediaan pakan yang memadai, baik secara kuantitas maupun kualitas, karena pakan merupakan unsur utama dalam pemenuhan keperluan ternak untuk keperluan hidup pokok, pertumbuhan, reproduksi, dan berproduksi. Oleh karena itu dalam pemenuhannya harus tersedia sepanjang tahun. Namun penyediaan pakan seringkali menjadi kendala disebabkan harganya maupun ketersediannya yang tinggi karena biaya pembuatannya yang cukup tinggi 60–80% dari biaya produksi. Untuk menekan dan mengefisiensikan biaya pakan diusahakandapat memanfaatkan limbah pertanian ataupun peternakan. Limbah ini dapat dijadikan sebagai konsentrat. Untuk itu, diperlukan upaya untuk mencari alternatif pakan  yang dapat dibuat sendiri dari bahan-bahan lokal serta memanfaatkan hasil sampingan.

Salah satu pakan alternatif sebagai penyusun konsentrat yang bisa digunakan adalah limbah tape singkong. Limbah tape singkong berasal dari tape singkong yang sudah mulai membusuk dan tidak layak dikonsumsi manusia. Ketersediannya cukup besar antara 30-40% dari tiap 100 kilogram. Limbah tape singkong ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat khususnya di daerah Cipatat, Cileunyi, Rancaekek, Nagreg, dan Jamanis.

Untuk skripsi lebih lengkapnya plus slidenya silahkan bisa di download file lengkapnya.

download skripsi peuyeum (berisi 4 judul skripsi)

download presentasi sidang peuyeum

Untuk yang download perjudul (supaya tidak terlalu banyak).

PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH TAPE SINGKONG DALAM RANSUM TERHADAP KONSENTRASI NH3 DAN PRODUKSI GAS TOTAL PADA CAIRAN RUMEN DOMBA (IN VITRO)

PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN LIMBAH TAPE SINGKONG DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK RANSUM DOMBA LOKAL (IN VITRO)

PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN LIMBAH TAPE SINGKONG DALAM RANSUM TERHADAP KONSENTRASI ASAM LEMAK TERBANG (ALT) DAN DERAJAT KEASAMAN (pH) CAIRAN RUMEN DOMBA LOKAL (IN VITRO)

PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH TAPE SINGKONG DALAM RANSUM TERHADAP KONSENTRASI BAKTERI DAN PROTOZOA PADA CAIRAN RUMEN DOMBA LOKAL (IN VITRO)


감사합니다 – Terima Kasih!

2 thoughts on “Skripsi Limbah Tape Singkong (In Vitro)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s