Strategi Formulasi Ransum

 

Faktor-faktor yang harus diperhatikan:

1. Ternak
Ternak yang akan diberikan pakan harus jelas. Mulai dari jenis, umur (periode hidup), sampai jenis kelamin akan sangat mempengaruhi. Hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan mengingat keperluan nutrisinya akan berbeda-beda.
Kemampuan ternak dalam mencerna pakan juga akan berbeda-beda tergantung dari sistem pencernaan yang dimilikinya. Sistem pencernaan ternak ruminansia (sapi, kerbau, domba, dll) tentunya akan berbeda dengan ternak non ruminansia (ayam, babi, dll), hal dasar yang membedakannya adalah dalam hal pemanfaatan serat kasarnya. Ternak ruminansia mampu memanfaatkan secara lebih baik pakan yang mengandung serat kasar tinggi berbeda dengan ternak non ruminansia yang hanya bisa memanfaatkan serat kasar dengan sangat rendah. Faktor inilah yang menjadi pembatas yang perlu diketahui oleh seorang nutrisionist dalam meramu bahan pakan.
Periode hidup juga akan berpengaruh. Ternak yang sedang bunting atau sedang menyusui tentunya akan berbeda keperluan nutrisinya dengan ternak yang sedang proses pertumbuhan. Jenis kelamin juga berpengaruh, tentunya porsi antara ternak jantan dan betina akan berbeda keperluan nutrisinya.

2. Bahan Penyusun Ransum
Bahan pakan yang digunakan untuk menyusun ransum sebaiknya yang sudah umum dipakai, kecuali untuk bahan pakan yang baru yang biasanya sering digunakan untuk kepentingan penelitian.
Faktor pembatas juga perlu untuk diperhatikan, seperti kandungan anti nutrisi dan racun dari suatu bahan pakan harus diketahui untuk meminimalisir kerugian yang akan ditimbulkan.
Kandungan nutrisi mutlak harus diketahui oleh seorang nutrisionist untuk menyusun ransum. Data-data kandungan nutrisi ini dapat diperoleh dari hasil penelitan, analisis laboratorium, atau dari tabel-tabel yang data-datanya sudah dapat dipercaya (seperti tabel Hartadi).
Kadar air juga penting untuk diperhatikan. Hal ini akan berkaitan dengan penyimpanan, densitas, intake bahan kering, nutrisi yang dikonsumsi, perhitungan kecernaan, Energi Metabolis (EM), retensi, dan konversi ransum.
Bahan pakan yang dipakai oleh ternak ruminansia kandungan airnya berkisar antara 10-80% (konsentrat dan hijauan), untuk kepentingan penyusunan ransumnya harus dihitung berdasarkan 100% Bahan Kering (BK). Jika untuk ternak non ruminansia didasarkan pada Bahan Kering (BK) 90%.

3. Matematis Perhitungan
-Trial and error (coba-coba)
-Menggunakan rumus aljabar (square methods)
-Linear programming (WinFeed, Feed Mania. Brill, dll)
Tujuan dari formulasi sendiri adalah untuk menetapkan campuran bahan pakan yang akan digunakan dengan mencapai kandungan nutrisi yang diinginkan dengan harga terendah. Formulasi ransum harus disusun berdasarkan harga yang berlaku pada saat itu, kandungan nutrisi dan ketersedian bahan pakan yang ada.

Ketepatan membuat formulasi:
1. Meningkatkan kepercayaan konsumen
2. Menjaga kontinuitas produksi
3. Meningkatkan pasar
4. Memperbesar omzet perusahaan
5. Meningkatkan keuntungan

Untuk contoh formulasi ransum dan file lengkapnya silahkan bisa di download

download

Bahan bacaan:

1. Scott, M.L.dkk. 1982. Nutrition of the Chicken. M.L. Scott
and Assosiate, New York.

2. Lesson.S. dan J.D. Summers. 2001. Nutrition of the Chicken.
4th.Ed. University Book, Canada.

3. Hartadi dkk. 1993. Tabel Komposisi Pakan Untuk Indonesia,
Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

4. NRC Poultry, 1994, NRC Dairy Cattle, 1987. NRC Beef Cattle, 1996.

5. Kearl.L.C. 1982. Nutrient Requirement of ruminants in
Developing Countries. International Feedstuffs Institute.
Utah State University. Logan, Utah USA.

6. Wahju.J. 1997. Ilmu Nutrisi Unggas. Ed. 4. Gadjah Mada
University Press, Jogyakarta.

감사합니다 – Terima Kasih!

One thought on “Strategi Formulasi Ransum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s