Demam dan Diare yang Disebabkan S. Enteritidis

Salah satu gejala yang ditimbulkan oleh infeksi S. Enterica adalah gastroenteritis. Patogenesis ini sangat bergantung dari faktor virulensi bakteri, yaitu: kemampuan invasi sel, lapisan lipopolisakarida yang lengkap, kemampuan replikasi intrasel, dan kemungkinan perbanyakan toksin. Setelah bakteri dicerna, organisme tersebut berkoloni di ileum dan kolon, memasuki epitel usus dan terjadi proliferasi epitel dan folikel limfoid.

Tahap selanjutnya yaitu menginduksi membran enterosit yang terganggu dan menstimulasi pinositosis organisme. Invasi bergantung dari pengaturan sel sitoskeleton dan kemungkinan melibatkan peningkatan fosfat inositol dan kalsium sel. Pelekatan dan invasi tersebut dibawah regulasi genetik dan melibatkan gen-gen ganda pada kromosom plasmid. Selanjutnya pathogenesis enterokolitis dan diare akibat salmonellosis dapat dilihat pada gambar berikut:

Patogenesis enterokolitis dan diare salmonellosis

Setelah menginvasi sel epitel usus, bakteri ini menginduksi respon inflamasi yang dapat menyebabkan ulserasi dan peningkatan sitokin sehingga menghambat sintesis protein. Mekanisme tersebut belum diketahui secara pasti. Namun invasi pada mukosa menyebabkan sel epitel mensintesis dan melepaskan berbagai sitokin inflamasi, seperti IL-1, IL-6, IL8, dan TNF2. Hal ini mengakibatkan respon inflamasi akut dan juga mengakibatkan terjadinya kerusakan usus karena reaksi inflamasi usus. Akibat reaksi tersebut dapat terjadi gejala-gejala seperti panas-dingin, nyeri perut, lekositosis, dan diare. Feses dapat mengandung lekosit polimorfonuklear (PMN), darah, dan lendir.

Ringkasan patogenesis salmonellosis

 

Invasi Salmonella pada usus

감사합니다 – Terima Kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s