Vibrio spp dan Yersinia spp

Peningkatan konsumsi bahan pangan asal hewan di dunia akan semakin meningkat seiring semakin bertambahnya jumlah populasi di dunia. Hal ini juga akan mempengaruhi sistem produksi dan bergesernya sentra produksi hewan di dunia. Selain itu juga hal tersebut membuat hubungan antara manusia dan hewan akan semakin dekat. Hal ini juga tentu dapat memberikan konsekuensi semakin meningkat serta menyebarnya kasus penyakit pada hewan, termasuk yang menjadi perhatian penting adalah penyakit hewan yang dapat menular dari hewan ke manusia atau lebih dikenal dengan istilah zoonosis atau penyakit zoonotik.

Perkembangan produksi hasil peternakan ke negara-negara berkembang, tanpa dukungan sistem kesehatan hewan yang memadai, dapat menyebabkan semakin meningkatnya jumlah kasus dan penyebaran penyakit zoonotik yang semakin meluas. Misalnya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sudah menyebar di dunia.

Beberapa dari mikroorganisme patogen yang bersifat zoonotik dapat ditularkan ke manusia melalui produk-produk hewan termasuk produk pangan asal hewan dan menyebabkan foodborne diseases atau foodborne illness (penyakit yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan, termasuk air, yang mengandung mikroorganisme patogen atau bahaya-bahaya keamanan pangan lain), yang dikenal sebagai foodborne zoonosis. Hal ini yang menjadi perhatian serius keamanan pangan dan kesehatan masyarakat veteriner. Foodborne zoonosis didefinisikan sebagai infeksi pada manusia yang ditularkan melalui makanan yang sumbernya dari hewan yang terinfeksi. Termasuk didalamnya penyakit zoonotik yang disebabkan oleh Yersinia spp dan Vibrio spp.

 

Untuk lebih lengkapnya silahkan bisa di download file lengkapnya.

download

 

감사합니다 – Terima Kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s