MIKROBA PEMBUSUK DALAM PANGAN ASAL HEWAN (Alcaligenes viscolactis)

Bahan pangan merupakan salah satu keperluan dasar yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah bahan pangan asal hewan seperti: telur, susu dan daging. Bahan pangan asal hewan mutlak diperlukan karena didalamnya terdapat kandungan protein hewani yang sangat penting dalam pembentukan tubuh yang sehat dan otak yang cerdas. Selain merupakan sumber gizi bagi manusia, bahan pangan juga merupakan sumber makanan bagi mikroorganisme sehingga memiliki sifat perishable food (mudah untuk rusak). Pertumbuhan mikroorganisme dalam bahan pangan dapat berakibat menjadi dua hal, yaitu:

  1. Dapat menyebabkan perubahan yang menguntungkan seperti perbaikan bahan pangan secara gizi, daya cerna ataupun daya simpannya.
  2. Dapat mengakibatkan perubahan fisik atau kimia yang tidak diinginkan, sehingga bahan pangan tersebut tidak layak dikomsumsi. Kejadian ini biasanya terjadi pada pembusukan bahan pangan.

Bahan pangan atau makanan disebut busuk atau rusak jika sifat-sifatnya telah berubah sehingga tidak dapat diterima lagi sebagai makanan. Kerusakan pangan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu pertumbuhan dan aktivitas mikroorganisme, kerusakan karena serangga atau hewan pengerat, aktivitas enzim pada tanaman atau hewan, reaksi kimia nomenzimatik, kerusakan fisik misalnya karena pembekuan, hangus, pengeringan, tekanan, dan lain-lain.

Kerusakan atau kebusukan pangan juga merupakan mutu yang subyektif, yaitu seseorang mungkin menyatakan suatu pangan sudah busuk atau rusak, sedangkan orang lainnya menyatakan pangan tersebut belum rusak/busuk. Orang yang sudah biasa mengkonsumsi makanan yang agak basi mungkin tidak merasa bahwa makanan tersebut dari segi kesehatan mungkin sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah Alcaligenes viscolactis yang menyebabkan susu berlendir.

 

Untuk lebih lengkapnya silahkan bisa di download file lengkapnya.

download

 

감사합니다 – Terima Kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s