Ringworm

Penyakit kapang dapat menyerang berbagai jenis hewan termasuk juga manusia dan terdapat pada berbagai bagian dan organ tubuh. Ada penyakit yang khusus menyerang pada manusia, tetapi ada pula yang dapat menyerang hewan ataupun manusia. Anjing, kucing, kuda, babi, sapi, domba, kambing, dan kelinci termasuk hewan yang dapat terserang penyakit kapang dan dapat menularkan penyakit tersebut ke manusia, dalam istilah kedokteran hewan penyakit kapang yang paling sering ditemukan dan berpotensi manusia besar untuk menularkan penyakit tersebut ke manusia adalah ringworm.

Ringworm adalah penyakit kulit yang bersifat superficial, meliputi lapisan keratin kulit dan apediksnya (rambut, kuku, dan sayap), yang disebabkan oleh golongan kapang (Soeharsono, 2002).  Penetrasi kapang pada lapisan kulit dapat menembus semua lapisan kulit, namun umumnya terbatas pada stratum korneum. Menurut predileksinya pada manusia, ringworm dibagi menjadi ringworm kulit kepala (tinea capitis), ringworm lipat paha (tinea cruris), ringworm badan (tinea corporis), ringworm kuku (tinea unguium) dan ringworm kaki (tinea pedis).

Meskipun menggunakan “worm” (cacing), penyakit ini tidak kaitannya sama sekali dengan cacing, sedangkan untuk nama “ring” (cincin) dikaitkan dengan bentuk perubahan pada kulit yang diserang berbentuk seperti lingkaran atau cincin. Berhubung ringworm secara spesifik disebabkan oleh kelompok kapang berbentuk miselium dan bersifat keratofilik, maka lebih banyak ahli memilih istilah dermatofitosis dibandingkan dengan dermatomikosis yang meliputi semua infeksi jamur pada kulit. Meskipun penyakit ini tidak menimbulkan penyakit yang parah pada manusia, tetapi dari segi kecantikan akan sangat mengganggu, terutama bila daerah yang terserang berada di sekitar wajah, dan dari segi kenyamanan menimbulkan rasa gatal bagi penderitanya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan bisa di download file lengkapnya.

download

감사합니다 – Terima Kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s