Peranan Posyandu dalam Kesehatan Masyarakat

Beberapa isi dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 9 Tahun 1990 dapat diartikan seberapa pentingnya kedudukan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Posyandu dapat bertindak sebagai pusat kegiatan masyarakat dimana masyarakat bertindak sebagai pelaksana sekaligus memperoleh pelayanan kesehatan serta Keluarga Berencana (KB), adapun isi dari Inmendagri No. 9 Tahun 1990 yang berkaitan dengan pelaksanaan posyandu, yaitu:

  1. Dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia sebagai potensi pembangunan bangsa agar dapat membangun dan menolong dirinya sendiri, merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, maka posyandu cukup strategis dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia sejak dini perlu ditingkatkan pembinaannya.
  2. Untuk meningkatkan pembinaan Posyandu sebagai pelayanan Keluarga Berencana-Kesehatan (KB-Kes) yang dikelola untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan pelayanan teknis dari petugas perlu ditumbuh kembangkan perlu serta aktif masyarakat dalam wadah Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD).
  3. Meningkatkan mutu pengelolaan posyandu, perlu dimantapkan koordinasi dan keterpaduan pembinaan disemua tingkatan pemerintah.

Posyandu juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk tukar menukar informasi, pendapat dan pengalaman serta bermusyawarah untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi baik masalah keluarga ataupun masyarakat itu sendiri. Dasar terbentuknya posyandu adalah bertitik tolak dari definisi ilmu kesehatan masyarakat menurut Winslow, yang menyebutkan bahwa diharapkan masyarakat itu berusaha untuk dapat menanggulangi kesehatannya sendiri. Seterusnya disebutkan pula bahwa terciptanya kesehatan yang optimal bagi masyarakat adalah dengan adanya peran serta dari masyarakat secara teratur dan berkesinambungan. Dari penjelasan tersebut terlihat bahwa wadah yang paling tepat untuk peran serta masyarakat tersebut ialah posyandu.

Untuk lebih lengkapnya silahkan bisa di download file lengkapnya.

download

감사합니다 – Terima Kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s