Mikroba Rumen (PART 5)

Interaksi Mikroba Rumen

Spesies-spesies bakteri dan protozoa yang berbeda di dalam rumen akan saling berinteraksi melalui hubungan simbiosa. Hasil interaksi terebut didapatkan produk-produk khas seperti selulosa, hemiselulosa, dan pati yang diperoleh melalui pencernaan polimer tumbuhan.

Interaksi antar mikroba rumen terjadi sangat kompleks dan tidak selalu menguntungkan inangnya. Bakteri dan protozoa dalam rumen akan bersaing dalam menggunakan makanan, protozoa juga akan menggunakan bakteri sebagai sumber protein untuk kehidupannya, sehingga jumlah bakteri dalam rumen berkurang. Iteraksi mikroba dalam rumen tidak hanya terjadi antara bakteri dan protozoa. Terdapat tiga interaksi, yaitu interaksi antara bakteri dengan bakteri, bakteri dengan protozoa, dan antara protozoa dengan  fungi. Selain itu juga terjadi interaksi antara protozoa dengan protozoa.

Sekitar 41.610 bakteri kepadatan 109 sel per mililiter cairan rumen akan ditelan oleh protozoa dalam waktu 1 jam. Penelanan bakteri oleh protozoa akan mengurangi biomassa bakteri yang bebas dalam cairan rumen sebanyak 50-90%, yang dapat menurunkan kolonisasi bakteri yang mencerna partikel makanan. Hal ini terutama akan terlihat jelas pada ternak yang makanannya mengandung serat kasar tinggi dimana terjadi peningkatan waktu untuk memecah partikel makanan dan akibatnya akan menurunkan produktivitas ternak. Dalam keadaan kekurangan pakan, antar protozoa akan bersaing untuk mempertahankan hidupnya, protozoa yang berukuran lebih besar akan memangsa protozoa yang lebih kecil.

Interaksi mikroba dalam rumen dapat bersifat ketergantungan, saling menguntungkan, atau saling merugikan. Protozoa dan bakteri dalam rumen akan bersaing dalam menggunakan beberapa bahan makanan. Pada kondisi pakan berserat tinggi, protozoa tidak memperoleh makanan yang baik, akibatnya protozoa memangsa bakteri rumen untuk kelangsungan hidupnya. Hal tersebut akan menurunkan kecepatan fermentasi oleh bakteri rumen.

Bersambung…

Sumber: Skripsi “Pengaruh Penggunaan Limbah Tape Singkong dalam Ransum terhadap Konsentrasi Bakteri dan Protozoa Pada Cairan Rumen Domba Lokal (In Vitro)” Tias Asri Karina (200110060028)

감사합니다 – Terima Kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s