Manajemen Pemberian Pakan Sapi Perah (PEDET)

Satu fase yang paling penting dari produksi ternak perah adalah pemberian pakan dan manajemen pedet. Lebih dari 20% pedet mati sebelum sebelum mencapai umur dewasa. Dengan manajemen yang baik mortalitas dapat ditekan 3-5%. Banyak pedet mati karena kesalahan nutrisi, perkandangan dan manajemen yang tidak benar. Dengan pemberian pakan, manajemen dan sanitasi yang baik (Arizona Dairy) dapat menurunkan mortalitas hingga hanya 2,7% (1,4% pada waktu lahir dan selama 24 jam pertama, dan 1,3% setelah 24 jam).

Ada 4 bahan pakan yang biasa diberikan pada pedet, yaitu: (a) kolostrum, (b) susu, (c) milk replacer, dan (d) calf starter

Kolostrum perlu diberikan secepat mungkin setelah kelahiran (idealnya 15 menit atau dalam jangka waktu 4 jam) untuk proteksi terhadap penyakit. Kolostrum dapat diberikan langsung dari induk, botol, atau ember. Pemberian kolostrum dini diperlu-kan karena :

  1. Pedet yang baru lahir tidak mempunyai antibodi sebagai proteksi terhadap pe-nyakit.
  2. Kemampuan pedet untuk menyerap immunoglobulin (komponen proteksi penya-kit) berkurang setelah 24-36 jam.
  3. Pedet mudah terinfeksi dengan bakteri patogen segera setelah lahir.

Kolostrum biasanya diberikan sekitar 6% dari bobot badan.

Surplus kolostrum (kelebihan kolostrum) dapat dibekukan dan disimpan dalam jangka waktu 1 tahun atau lebih tanpa kehilangan nilai antibodinya. Dapat dicairkan, panaskan sekitar 100°F. Sour colostrum adalah surplus kolostrum yang disimpan dan difermentasi secara alami.

Kolostrum terdiri dari bahan kering yang sepertiga lebih banyak dari susu atau reconstituted milk replacer, dan sangat mudah dicerna. Oleh karena itu, penyimpan-an untuk pemberian pakan selanjutnya sangat dianjurkan. Dapat diberikan secara segar; dapat dibekukan kemudian dicairkan sebelum diberikan; atau disimpan se-bagai sour colostrum. Encerkan hingga 25-50% bila akan diberikan pada pedet lain (bukan yang baru lahir) untuk mencegah overfeeding dan scours (diarrhae).

Pemberian pakan dengan susu penuh (susu segar), pedet menerima sejumlah terbatas susu hingga disapih. Pedet disapih bila telah mengkonsumsi cukup banyak konsentrat. Metode ini merupakan yang terbaik ditinjau dari pertambahan bobot badan (PBB) dan menimbulkan gangguan lambung yang terendah, tetapi susu merupakan makanan yang mahal.

Milk replacer bervariasi dalam kualitas, pembeli perlu mempelajari labelnya. Yang terbaik terdiri dari:

–    minimal 20% protein, semua dari produk susu  seperti skim milk, butter milk powder, casein, milk albumen dll. Bila protein dalam milk replacer berasal dari tumbuhan, perlu protein lebih dari 22%. Sebagian besar protein dianjurkan dari produk susu.

–    lemak 10-20%

Milk replacer dapat diberikan pada hari ke tiga setelah dilahirkan atau segera setelah susu dapat dipasarkan. Ikuti cara yang ditetapkan oleh pabrik dalam mencampur milk replacer. Metode umum: 1 pound milk replacer ditambah dengan 9 pound air.

Calf starter merupakan campuran butiran yang secara khusus disiapkan untuk pedet. Jagung dan gandum biasanya merupakan komponen utama dari calf starter. Starter mengandung sumber protein tinggi plus mineral dan vitamin. Starter harus palatable supaya pedet dapat makan sesegera mungkin. Beberapa ada yang ditambah dengan molase supaya terasa manis. Pedet lebih menyukai bentuk yang kasar daripada yang digiling halus. Calf starter sebaiknya mengandung 16-18% protein dan 72-75% TDN untuk mencukupi zat-zat makanan esensial bagi pedet.

Calf grower diberikan bila pedet berumur 6-8 minggu. Level (kandungan) protein disesuaikan dengan kualitas hijauan.

Hijauan berupa hay kualitas bagus dapat diberikan bila pedet berumur 2 minggu atau umur 5-10 hari. Silage (jagung) atau pastura jangan diberikan sebelum umur 3 bulan karena kandungan air yang tinggi yang dapat membatasi konsumsi dan pertumbuhan.

Sumber: Master Kuliah Manajemen Ternak Perah FAPET UNPAD

감사합니다 – Terima Kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s